Saturday, July 31, 2010

Pemancingan Janti




Salah satu tempat wisata klasik yang sudah cuku dikenal di Kota Klaten adalah Pemancingan Janti di Kecamatan Polanharjo. Pemancingan Janti sudah sejak lama menjadi alternatif bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya (Solo, Jogja, Boyolali, Sukoharjo) untuk berwisata, mulai dari menghabiskan waktu di akhir pekan, reuni, arisan, pertemuan keluarga, atau sekedar ingin mancing saja.

Pemancingan Janti terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo dan merupakan salah satu Desa Wisata di Kota Klaten. Di kampung ini bisa Anda bisa menemukan rumah-rumah penduduk yang "disulap" menjadi rumah makan lengkap dengan arena pemancingan, bahkan di beberapa pemancingan yang cukup besar terdapat kolam renang dan fasilitas bermain anak-anak.
arena memang berkonsep tempat jajan, maka pergi ke Janti memang tak bisa dipisahkan dengan wisata kuliner. Menu makanan yang ditawarkan di setiap rumah (pemancingan) tentu saja berhubungan dengan ikan air tawar, mulai dari kakap, bawal, lele hingga gurame baik yang dimasak dengan digoreng maupun di bakar. Keistimewaan dari makanan tersebut tentu saja berada pada kesegaran ikan yang dimasak, karena ikan-ikan yang dimasak tersebut diambil langsung dari kolam-kolam langsung.
Selain bisa menikmati kegiatan memancing dan berwisata kuliner, di Desa Janti juga menawarkan keasrian  desa yang begitu hijau dengan hamparan persawahan maupun bunyi gemericik sungai. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat umbul (mata air) yang bisa dijadikan tempat berenang atau sekedar bermain air  yang tentu saja sensasi yang didapatkan berbeda jika berenang di kolam renang.

Pemancingan ini berjarak cukup jauh dari pusat kota Klaten ke arah utara. Apabila berangkat dari Kota Klaten, Anda cukup mengarahkan kendaraan ke arah GOR lalu menyusuri jalan antar kecamatan menuju Karanganom lalu Polanharjo. Kondisi jalanan terbilang cukup bagus dan cukup lebar. Sedangkan apabila berangkat dari Solo, maka jarak tempuh dari jalan utama Jogja - Solo pun tidak begitu jauh, Anda bisa membelokkan kendaraan sesuai dengan papan petunjuk di sekitar Delanggu untuk menuju ke arah Pemancingan Janti/Pemandian Cokro/Polanharjo yang merupakan satu kawasan wisata.

No comments:

Post a Comment